Pompa

Identifikasi Mata Kuliah

         

Kode Mata Kuliah                    : MEEKE01

Nama Mata Kuliah                  : Pompa

SKS Mata Kuliah                      : 3 SKS

Semester Mata Kuliah            : Ganjil dan Genap

Keterangan Mata Kuliah        : Wajib / Pilihan

           

Identifikasi Tim Dosen

 

Ketua Tim

a.       Nama Lengkap          : Dr. Ir. Sukamta, M.T., IPM.

b.      Jenis Kelamin              :  Laki-laki

c.       NIK                             : 19700502199603123023

d.      NIDN                           :  0502057002

e.       Fakultas/ Prodi         : Teknik/TeknikMesin

f.       HP/E-mail                    : 08157998996/sukamta@umy.ac.id  

 

Mata Kuliah Pompa adalah mata kuliah dimana mahasiswa akan mempelajari hal-hal yang terkait dengan teknologi pompa mulai dari Pendahuluan dan klasifikasi pompa, Pompa sentrifugal, Pompa perpindahan positif, Penggerak pompa, Sistem pemompaan, dan Penggunaan pompa.Untuk mempelajari mata kuliah ini, sebelumnya   mahasiswa sebaiknya menguasai ilmu mekanika fluida antara antara lain : aliran fluida baik kompresibel maupun inkompresibel, rugi-rugi aliran. Mata kuliah ini sangat penting untuk mendukung kompetensi sebagai perencana teknik mesin khususnya di bidang Pompa dan Mekanikal untuk Bangunan Gedung.

Hubungan Mata Kuliah dengan Kompetensi

Mata kuliah Pompa merupakan salah satu mata kuliah pilihan yang ditujukan untuk mendukung pencapaian kompetensi sebagai perencana teknik mesin khususnya di bidang Pompa, bahwa lulusan mampu mengaplikasikan prinsip matematika, sains, dan pengetahuan lainnya untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah bidang teknik khususnya terkait Pompa dan teknik pemompaan. Hal ini berguna dalam merancang, menganalisis, dan merakit sistem pemompaan yang berwawasan lingkungan serta lulusan mampu menganalisis kerusakan teknik pemompaan dan melakukan tindakan untuk mencegah dan mengatasi dampak kerusakan.

Outcome Matakuliah

Peranan matakuliah Pompa dalam mendukung ketercapaian kompetensi utama dilakukan melalui keluaran/outcomes dari mata kuliah ini,yaitu Mampu melakukan analisa dan sintesa mekanisme dasar mesin